twitter facebook google plus rss feed email

Slidder Information's

TECHNOPATH BLOG : Share Technology Development

The purpose of this blog is created to share information about developments in technology, computers, programming, electronics, and a variety of unique information as a refresher of our brain.

Information on Electronic Circuit

Share information on electronic equipment, basic electronics itself, and various PCB schematic of the circuit, which may be beneficial to us all.

Software and Computer Programming Language

Share information about the ins and outs of computer software, computer programming languages??, tutorial photoshop and corel draw, knowledge of the microcontroller used in tools - electronic appliance

Minggu, 09 Juni 2013

Komponen Elektronika Pendukung

Komponen Elektronika Pendukung.
Itu cuma pendapat dan tambahan dari saya sendiri, karena menurut saya semua komponen yang akan kita bahas disini nanti adalah komponen Elektronika yang tidak termasuk Komponen Aktif maupun Komponen Pasif.

Komponen tersebut akan banyak kita temui pada saat merangkai Rangkaian Elektronika maupun Robotika. Fungsi dari komponen - komponen tersebut pun beraneka macam, misalnya saja IC Mikrokontroler yang berguna sebagai IC kosong yang dapat diprogram sesuai apa yang diinginkan oleh si pembuat program ataupun orang yang akan menggunakan IC Tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas agar lebih jelas dan tidak membuang banyak waktu.


IC Mikrokontroler

Atmega8535
Seperti yang saya katakan sebelumnya, IC Mikrokontroler merupakan salah satu IC kosong yang dapat ditentukan fungsi dari hampir setiap kaki pin yang terdapat pada IC tersebut. kecuali beberapa kaki khusus seperti Vcc, Gnd, Miso, Mosi, dan pin khusus lainnya.
IC Mikrokontroler yang sering digunakan antara lain Atmega8, Atmega8535, Atmega16, Atmega32, Atmega128, dan masih banyak lagi. Penggunaan IC tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. misal sesuai dengan berapa pin I/O yang dibutuhkan, kapasitas Memory, dan besar kecilnya RAM pada IC tersebut.

Untuk Robot Line Follower, KRI, KRCI, KRSI, dan KRPAI biasanya menggunakan Atmega8, Atmega8535, dan Atmega16 sudah memenuhi standar kebutuhan system Robot tersebut.
Untuk penggunaan yang membutuhkan System lebih, misal untuk penggunaan penyimpan Database menggunakan MMC (Multimedia Card), dapat digunakan Atmega128, ataupun yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.


Crystal

Crystal
Crystal adalah komponen Elektronika yang memiliki fungsi sama dengan Resonator. yaitu untuk menghasilkan denyut atau detak pada Komponen Elektronika yang membutuhkan detak Clock.
Crystal memiliki 2 kaki, yang jika digunakan pada IC mikrokontroler maka kedua kaki pin koneksikan dengan XTAL1 dan XTAL 2. Kelebihan Crystal adalah detaknya relatif stabil. tetapi kelemahannya adalah rangkaian menjadi sedikit rumit, karena membutuhkan tambahan Kapasitor untuk menstabilkan detak tang dihasilkan oleh crystal.

Crystal memiliki banyak nilai dengan satuan Mhz. untuk penggunaan pada Mikrokontroler biasanya menggunakan crystal dengan nilai detak 11.059200 Mhz, sedangkan untuk Arduino biasanya menggunakan crystal bernilai 16.000000 Mhz.


PCB

PCB atau Printed Circuit Board adalah komponen elektronika yang digunakan untuk menempatkan komponen lain atau dapat dikatakan PCB adalah sebuah papan sirkuit yang memiliki lapisan berbahan tembaha pada bagian sebelahnya. PCB memiliki beberapa tipe, yaitu:

PCB Polos

PCB Polos
PCB Polos adalah papan sirkuit yang memiliki latar polos tanpa lubang. PCB ini dapat dibuat jalurnya dengan menggunakan berbagai trik. seperti menggunakan Alat yang memang berfungsi untuk mencetak jalur pada papan sirkuit tersebut. ataupun secara manual dengan menggunakan printer yang memiliki metode cetak menyerupai mesin Fotocopy. misal printer Laser Jet.
PCB Polos memiliki berbagai variasi dalam hal layer, ataupun lapisan tembaga.

Untuk yang menggunakan mesin cetak ataupun manual sangat saya sarankan menggunakan papan sirkuit Single Layer ataupun Double Layer. karena dapat dijangkau oleh mesin cetak dan tangan kita.
Sedangkan untuk yang menggunakan Multi layer, yaitu yang memiliki lapisan tembaga yang berada ditengah papan sirkuit,  tangan manusia tidak dapan menjangkaunya. PCB tipe ini hanya dapat digunakan pada papan sirkuit buatan Pabrik.

PCB Berlubang

PCB Berlubang
PCB Berlubang adalah papan sirkuit yang memang sudah memiliki lubang berukuran kecil untuk meletakan berbagai komponen Elektronika. papan sirkuit ini juga memiliki lapisan tembaga yang hanya berada pada sekeliling lubang yang terdapat pada papan sirkuit tersebut. dan dapat dihubungkan dengan cara manual menggunakan timah Solder.


BreadBoard / Project Board

Project Board
Project Board adalah sebuah papan project yang digunakan untuk meletakkan rangkaian elektronika dan menghubungkannya untuk sementara. bisa dikatakan project board adalah papan latihan yang memiliki hubungan sesuai dengan letaknya yaitu secara horizontal maupun vertikal.


Terminal DC

Terminal DC
Terminal DC adalah sebuah terminal power yang sering kita temui pada input datu daya Mikrokontroler dan rangkaian Elektronika lainnya serta dalam Output daya yang biasanya digunakan pada Motor DC dari Driver motor. Terminal DC yang pernah saya temui hanya memiliki 2 Macam warna, Biru dan Hijau, selain itu saya belum pernah melihatnya.


Socket

Socket adalah sebuah tempat input maupun output yang dapat kita temui dalam keseharian kita. contoh yang mudah dapat kita temui pada input charger handphone kita masing. contoh lain sering kita temui pada input daya pada Laptop, dan alat - alat elektronik lainnya.
Pada intinya socket adalah inputan yang dapat dilepas pasang dengan mudah. Socket memiliki banyak bentuk, antara lain :

Socket DC

Socket DC
Socket inilah yang sering kita temui pada Laptop dan Handphone kita masing - masing, juga sering kita temui pada catu daya Mikrokontroler Arduino. Socket ini memiliki polaritas + dan -, biasanya pin bagian dalam adalah + dan pelindung luar adalah -.

Socket IC

Socket IC
Socket ini akan sangat sering ditemui oleh kita yang sering bermain dengan Mikrokontroler.
fungsi dari socket ini adalah untuk melindungi IC pada saat penyolderan, dan memudahkan penggantian apabila IC yang digunakan mengalami kerusakan.

Switch

Switch adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai saklar pada rangkaian. switch sering kita temui pada rangkaian elektronika, biasanya berupa saklar 2 ataupun 3 kaki untuk On/Off.
Switch memiliki berbagai bentuk, antara lain:

2 Pin Switch

2 Pin Switch
Adalah switch yang memiliki fungsi hanya menghubungkan ataupun memutuskan sebuah rangkaian maupun arus listrik.

3 Pin Switch

3 Pin Switch
Adalah switch yang memiliki fungsi untuk mengalihkan arus listrik dari jalur 1 ke jalur 2 dengan sumber sama dan tujuan berbeda.

Switch PCB

Switch PCB
Adalah swich mini yang dapat direkatkan pada papan PCB, biasanya switch ini bukanlah switch tunggal, dengan kata lain biasanya switch ini adalah switch yang banyak.

TAC Switch

Push Button
TAC Switch atau sering disebut Push Button adalah switch singkat, yang hanya menghubungkan jika ditekan maupun jika dilepas. jadi untuk Push Button yang push on, jika tombol ditekan maka arus terhubung, jika tombol dilepas maka arus terputus. sedangkan untuk Push Button yang push off, adalah sebaliknya.

Push Button on/off 6 Pin

Push Button 6 Pin
Adalah switch yang dapat menghubungkan 3 Jalur sekaligus jika ditekan, dan akan memutuskan jika ditekan sekali lagi. itu artinya push button ini saat ditekan pertama akan tertahan, dan jika ditekan sekali lagi akan terlepas.


Konektor

Konektor adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyambung satu tempat ke tempat lain. konektor juga sering kita temui pada Laptop dan Handphone kita masing - masing. contoh yang kongkrit adalah Konektor USB.
Konektor memiliki berbagai macam bentuk, antara lain:

Konektor DB9

DB9 Connector
Adalah konektor yang digunakan untuk komunikasi serial antar Alat Elektronik ke PC.

Konektor Black Housing

Black Housing Connector
Adalah konektor yang digunakan dalam rangkaian elektronika, untuk memudahkan melepas pasang rangkaian. konektor ini memiliki lubang pin beragam, dan disesuaikan sesuai kebutuhan.

Konektor Putih

White Connector
Adalah komponen yang serupa dengan Black Housing, hanya saja berwarna putih dan juga sedikit lebih besar.

Konektor USB

USB Connector
Adalah konektor yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar Device ke PC, maupun sebaliknya. kita pasti menemui konektor ini saat memprogram sebuah IC.


Header Male

Header Male
Header Male adalah lawan dari konektor black housing, dapat kita andaikan saja jika Black housing adalah Wanita, maka Header adalah Pria.


Header Female

Header Female
Header Female adalah komponen yang berbentuk reperti Black Housing, tetapi jika black housing adalah komponen yang dapat berpindah karena tidak direkatkan pada PCB, sedangkan Header Female adalah komponen tetap, yang menyatu dengan papan sirkuit.

Trimpot

Trimpot Variabel Resistor
Trimpot adalah salah satu bentuk dari Resistor, hanya saja trimpot adalah Variabel Resistor atau Resistor yang dapat berubah resistansinya jika diputar trigger dari Trimpot tersebut.


Multitune

Multitune Variabel Resistor
Multitune sebenarnya serupa dengan Trimpot, hanya saja jika trimpot memiliki range/jarak putar pendek, sedangkan Multitune memiliki jarak putar lebih panjang, sehingga memiliki efisiensi lebih tinggi dibandingkan Trimpot. tapi multitune tentu saja memiliki harga yang juga relatif lebih mahal dibandingkan Trimpot.


Kiprok

Kiprok Diode Bridge
Kiprok sebenarnya adalah salah satu jenis dari dioda, yaitu diode bridge. hanya saja jika diode brigde adalah 4 buah dioda yang disusun sedemikian rupa, sedangkan kiprok adalah sebuah komponen tunggal yang memiliki 4 kaki yang masing - masing fungsinya sama seperti formasi diode brigde.

Oke, mungkin sampai disini dulu informasi yang dapat saya bagi. Semoga Bermanfaat... :)


Tambahan ..!!

Resonator

300px Ceramic Resonator
Resonator adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi sama seperti Crystal. hanya saja Resonator memiliki 3 kaki pin. Resonator juga sering disebut oleh banyak orang sebagai Crystal 3 pin. Frequensi yang dipancarkan oleh Resonator sama seperti Crystal, dan juga tercetak pada badan Resonator.
Kelebihan dari Resonator ini adalah rangkaian menjadi lebih ringkas, karena 2 kaki pin pada resonator terhubung ke XTAL1 dan XTAL2 pada Mikrokontroler, sedang pin sisanya hanya terhubung ke GND.


Sumber : Referensi diambil dari Berbagai Sumber

5 komentar :

  1. Header Male adalah lawan dari konektor black housing, dapat kita andaikan saja jika Black housing adalah Wanita, maka Header adalah Pria

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya ya. sangat berguna..

    BalasHapus
  3. RESONATOR untuk 16.0 MHZ di wilayah dki jakarta dimana ya..
    Just info dong

    BalasHapus
  4. Terima kasih...ini sangat bermamfaat

    BalasHapus