twitter facebook google plus rss feed email

Slidder Information's

TECHNOPATH BLOG : Share Technology Development

The purpose of this blog is created to share information about developments in technology, computers, programming, electronics, and a variety of unique information as a refresher of our brain.

Information on Electronic Circuit

Share information on electronic equipment, basic electronics itself, and various PCB schematic of the circuit, which may be beneficial to us all.

Software and Computer Programming Language

Share information about the ins and outs of computer software, computer programming languages??, tutorial photoshop and corel draw, knowledge of the microcontroller used in tools - electronic appliance

Minggu, 30 Juni 2013

Bahasa Pemrogaman JavaScript

Bahasa Pemrogaman JavaScript
Baiklah teman - teman semuanya. sekarang saya akan membahas sedikit tentang Bahasa Pemrogaman JavaScript. sebelumnya saya minta maaf kalau jarang update, dikarenakan laptop saya sedang mengalami kerusakan, dan karena masih dalam masa garansi, jadi saya kirim ke service center di daerah surabaya.

kalau begitu sebaiknya untuk mempercepat waktu, mari kita lanjutkan pembahasannya.
JavaScript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag Script.


Sejarah

JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.

Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript. 

JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX.

Struktur Penulisan

Kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag <script type="teks/javascript">.
<script type="teks/javascript">
        alert("Halo Dunia!");
</script>
Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berekstensi .js (singkatan dari JavaScript). Untuk memanggil kode JavaScript yang terdapat di file sendiri, di bagian awal <head> harus ditentukan dahulu nama file .js yang dimaksud menggunakan contoh kode seperti berikut:
<script type="teks/javascript" src="alamat.js">
</script>

Sumber : Wikipedia

0 komentar :

Posting Komentar